Perokok Pasif Dan Bahayanya.

posted by : CarBari Thursday, March 6, 2008

Merokok pertama kali dilakukan suku Indian sebagai usaha perdamaian dan persahabatan, sekarang rokok sebagai industri berskala besar dan bersifat masal mengakibatkan masalah kesehatan yang sangat kontroversial.

Asap rokok dibedakan menjadi 2 :

1. Asap rokok yang dihisap kedalam paru oleh perokok disebut asap Mainstream ( MS )
2. Asap rokok berasal dari ujung rokok yang terbakar disebut asap Sidestream ( SS )

Polusi udara yang ditimbulkan oleh MS dan SS yang dihembuskan lagi oleh perokok disebut asap rokok lingkungan ( Environment Tobacco Smoke / ETS ) atau Secondhand Smoke, dan orang yang menghisap asap ini dikenal sebagai perokok pasif.

Asap rokok secara umum mengandung 4000 bahan Kimia diantaranya jelas-jelas bersifat Karsinogenik yang menimbulkan kanker. 2 Perusahaan rokok Brown dan Williamson ( B & W ) dan British American Tobacco Company ( BAT ) sudah melakukan riset tentang ETS sejak pertengahan 1970. Para peneliti menemukan bahwa SS menimbulkan iritasi dan mengandung senyawa-senyawa beracun termasuk Karbonmonoksida dan N - Nitrosomin yang terakhir adalah produk sampingan Nikotine tembakau yang biologis aktif dan menimbulkan kanker pada hewan-hewan percobaan.

Tahun 1982 badan perlindungan lingkungan ( EPA ) Amerika menyatakan asap rokok adalah polusi udara dan menetapkan ETS sebagai Karsinogen klas 1.

Kadang-kadang tanpa disadari rumah kita berwarna kuning karena tar dan nikotin, bahwa asap rokok pasif masih belum dianggap sebagai ancaman tulisan pada tabel kemasan rokok " Merokok Membahayakan Kesehatan " masih dianggap angin lalu. Kita baru menyadari bahayanya asap rokok kalau ada yang terdekat kita terkena kanker paru, batuk yang tidak sembuh dan semuanya disebabkan perokok pasif.


0 comments