Mitos Dan Fakta Tentang Yogurt.

posted by : CarBari Thursday, March 6, 2008

Mitos :
Yougurt bisa menyebabkan maag, jika dikonsumsi sebelum makan.

Fakta :
Yougurt tidak akan membuat lecet lambung karena rasa asamnya bukan disebabkan oleh asam anorganik tetapi oleh asam organik yang disebut asam laktat, yaitu jenis asam lemak yang lebih lemah dari asam jeruk. selain itu kandungan asam laktat dalam yougurt merupakan senjata tambahan untuk memerangi bakteri patogen yang berada didalam usus.

Mitos :
Yougurt merupakan produk fermentasi yang sama dengan minuman anggur. Jika didiamkan disuhu ruang dalam waktu lama, rasanya akan makin lezat.

Fakta :

Yougurt merupakan pruduk fermentasi yang tetap berpedoman pada tanggal kadaluwarsa. Setelah yougurt jadi, maka bakteri baik jumlahnya jadi lebih banyak daripada bakteri jahat. Karena itu, perlu disimpan pada suhu dingin agar pertumbuhan bakteri jahat yang tersisa bisa dihambat. Jika disimpan disuhu ruang, gumpalan yougurt akan pecah dan cita rasanya berubah menjadi lebih asam.

Mitos :
Yougurt harus disimpan didalam freezer.

Fakta :

Yougurt baik disimpan di lemari pendingin bersuhu 4-6 derajat Celcius. Dalam lemari pendingin yougurt dapat tahan sampai 2 minggu tanpa banyak mengalami penurunan mutu. Yougurt yang telah di sterilkan dapat tahan beberapa bulan ( dengan tetap melihat tanggal kadaluwarsa ).

Mitos :
Semua jenis yougurt tidak mengandung lemak.

Fakta :
Yougurt tetap mengandung lemak, hanya porsi nya yag berbeda-beda. Yougurt yang dijual dipasaran, umumnya mengandung gula, lemak dan bahan tambahan lain yang dapat melipatgandakan jumlah kalori. Jika ingini yougurt yang rendah lemak, disarankan pilih yougurt yang plain, tanpa penambahan gula dengan bahan dasar susu yang juga rendah lemak.

Mitos :
Yougurt berbentu padat lebih baik, dibandingkan yougurt yang cair.

Fakta :
Yougurt dalam bentuk padat mengandung zat gisi 4 kali lebih tinggi dibanding yougurt cair. Yougurt yang baik berbentuk halus seperti tahu, halus, dan tidak terjadi pemisahan antara cairan dan padatannya. Jika terjadi pemisahan berarti adonan dasar tidak tercampur rata dengan baik.

Mitos :
Mengkonsumsi yougurt setiap hari dapat berpengaruh negatif.

Fakta :
Yuogurt tidak akan menimbulkan efek samping asal digunakan dengan porsi yang wajar. Mengkonsumsi yougurt sebanyak 250-400 ml setiap hari sangat baik pengaruhnya untuk tubuh kita.

Mitos :
Yougurt sangat baik untuk kecantikan.

Fakta :
Yougurt baik untuk kecantikan terutama yougurt yang masih mengandung bakteri hidup. Bisa dikonsumsi langsung, maupun dijadikan lulur atau masker. Kasiat bakteri ini dapat diperoleh dari yougurt yang tidak mengalami proses sterilisasi.

0 comments